CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTs xxx
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII D/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (satu kali pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang النشاطات في المدرسة dengan pola kalimat الجملة الاسمية
B. KOMPETENSI DASAR
1.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhanatentang النشاطات في المدرسة dengan pola kalimat الجملة الاسمية
C. INDIKATOR PENCAPAIAN
Siswa mampu :
Melakukan dialog dengan pola kalimat الجملة الاسمية
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
Berdialog tentang النشاطات في المدرسة dengan pola kalimat الجملة الاسمية
Karakter siswa yang diharapkan :
Komunikatif , Tanggung jawab, menghargai pendapat orang lain dan berani.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi proses dan hasil.
E. MATERI PEMBELAJARAN
الجملة الاسمية
الحوار
مذا + فعل مضارع
من + فعل مضارع
مثال : ماذا تقرأ ؟ - : أقرأ القص
من تقرأ ؟
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Waktu Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan Nilai yang ditanamkan
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Guru mengkondisikan kelas dan persiapan untuk berdoa sebelum belajar
Menanyakan keadaan siswa
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Guru melakukan pretest materi yang sebelumnya
Kegiatan inti
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok menjadi 8 kelompok dengan masing-masing kelompok 4 siswa
Guru dan siswa mengidentifikasi materi dan melakukan tanya jawab kosa kata yang belum dipahami siswa
Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan melalui soal bergambar
Guru meminta beberapa siswa mempresentasikan hasil dari yang mereka kerjakan..
Kegiatan penutup.
Guru memberikan pesan-pesan kepada siswa
Guru menutup dengan bersyukur dan salam. 10 menit
30 menit
30
menit
10 menit
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
G. PENDEKATAN METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendekatan : Komunikatif, Humanistik
Metode: interaktive lecture
Strategi : kerja kelompok
H. ALAT DAN MEDIA
Alat : ( papan tulis, spidol, penghapus, kertas hvs)
Media : gambar
I. SUMBER PEMBELAJARAN
D. Hidayat. 2008. Pelajaran Bahasa Arab kelas VIII, (Semarang : PT Toha Putra),hlm 14
J. ASSESSMENT / PENILAIAN
Jenis penilaian : teknik non tes
Bentuk tes : pengamatan
Contoh soal
Kelompok Criteria dan Skala Penskoran Jumlah skor
kelancaran Kesesuaian dengan gambar Intonasi Performance
I
II
III
IV
V
VI
VII
VIII
Skor maksimal ideal = 100
Mengetahui
Guru Pembimbing
Yogyakarta , 13 September 2012
Praktikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pleace your coment...